Friday 17 November 2017

Tutorial Membuat Blog + Tips Sukses!



Holla Gaessss

Menjadi blogger adalah sebuah kebanggaan dimana sobat bisa menemukan banyak relasi dan informasi secara cepat. Sobat bisa menyajikan karya-karya yang akan dilihat dan dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia. Apa yang sobat terbitkan di dalam blog akan menjadi konsumsi seluruh penduduk dunia maya sehingga bermanfaat bagi mereka. Dari sinilah akan terjalin silaturahmi yang lebih erat dari sekedar pertemanan di sosial media. 

     Untuk hanya menjadi seorang Blogger itu menurut saya sangatlah mudah , hanya tinggal buat akun Gmail, lalu Buat Blog .. Selesai.. Tetapi jika ingin menjadi seorang Blogger terkenal / sukses itu sangatlah BERAT , seberat beban hidupku ini .. tapi semua itu tergantung kepada diri anda masing-masing yang akan membangun sebuah blog terkenal atau dapat diterima oleh warga netizen nasional atau bahkan internasional .. 


Ini adalah cara membuat Blog...



  1. Yang Pertama adalah jelas bahwa anda harus mengunjungi situs www.blogger.com
  2. Selanjutnya anda meng-Klik Create Your Blog.
  3. Lalu anda harus login akun Gmail terlebih dahulu, jika anda tidak punya akun Gmail dapat mendaftar di halaman tersebut.

  4. Anda akan dibawa menuju Selamat datang di Blogger untuk membuat profile G+ / Google .
  5. Lalu buat sesuai data diri anda masing-masing.
  6. Lalu Create Profile.
  7. Lalu anda dapat mengubah gambar Google+ anda sebagai avatar Blog.
  8. Lalu Klik Lanjutkan Blogger.
  9. Sekarang anda sudah masuk di Dashboard Blog. Untuk Membuat blog, anda dapat meng-Klik BUAT BLOG BARU.
  10. Lalu masukan Judul, dan alamat Blog, dan template yang ingin anda  gunakan.

    1). Judul / Nama blog yang anda inginkan.
    2). Alamat URL blog yang anda inginkan.
    3). Template / Tema design blog yang anda inginkan.
    4).  Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, anda bisa langsung Create.
Selamat, anda sudah membuat sebuah Blog.

Ini adalah cara bagaimana anda membuat postingan.
  1. Ini adalah menu-menu yang ada di blog.


    1). Menu Blogger :

    - POS Menampilkan semua pos yang terdapat pada blog anda, pos yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.

    - Statistik Menampilkan jumlah pengunjung harian dan bulanan blog anda. Pada menu ini anda juga bisa melihat statistik sumber pengunjung. Tentunya, data yang di tampilkan melalui menu ini cukup akurat, sebagai parameter untuk mengetahui kesuksesan blog anda.

    - Komentar pada menu ini anda bisa memoderasi 
    komentar yang masuk, anda bisa menyetujui, membatalkan bahkan menghapus komentar yang berasal dari pengunjung.

    - Kampanye menampilkan menu Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini. Untuk bisa menggunakan layanan AdWords google anda diharuskan membayar terlebih dahulu.

    - Laman menampilkan jumlah halaman yang terdapat pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan.

    - Tata Letak menampilkan tata letak blog anda. Disini, anda bisa menambah atau menghapus widget sesuai yang anda inginkan pada blog anda.

    - Template / Tema menampilkan pengaturan pada template blog anda. Untuk mengedit, mengganti template blog anda, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.

    - Pengaturan menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.


    2). Untuk membuat Blog Baru / Post Baru.
    3). Menu Profile Blog / Akun Google anda.
    4). Notifikasi Blog anda.
    5). Untuk Lihat Blog anda.
  2. Untuk mulai memposting pastinya anda harus meng-Klik Entri Baru.
  3. Ini adalah beberapa penjelasan mengenai menu-menu sebelum anda menulis sebuah blog.


    1). Pengaturan Menu pada Blog Anda.
    2). Mempublikasikan hasil Blog anda.
    3). Menu Toolbar untuk Mengolah teks-teks atau konten-konten anda.
    4). Judul Postingan / judul blog yang anda inginkan.
    5). Untuk Pemula biasanya menggunakan Compose, tetapi jika sudah Pro
         boleh menggunakan HTML.
    6). Spot untuk anda menulis.
  4. Jika anda sudah yakin dengan apa yang kalian tulis, anda bisa mempubliskannya untuk di konsumsi warga netizen ataupun hanya untuk artikel pribadi anda saja :) .

Ini adalah bagaimana cara anda untuk menggunakan/mengubah template pada blog anda.

     Mengenai Template-template yang disediakan oleh Blog nya memang kurang keren atau kurang menarik , tetapi kita bisa bisa mendownload Template tersebut di banyak website seperti colorlib
gooyaabitemplates, dan masih banyak lagi website-website yang menyediakan fasilitas template FREE...apabila anda sudah menguasai Desain HTML, anda bisa membuat nya sendiri menggunakan CSS atau Bootstrap sendiri..


  1. Setelah anda mendownload Template atau membuat Template sendiri, anda harus ke halaman dashboard lalu klik Template.
  2. Setelah anda masuk ke menu tema, anda klik Backup / Pulihkan.
  3. Lalu pilih Choose File bila sudah mendownload atau buat sendiri Tema dan jika belum, anda klik saja unduh template.
  4. Lalu akan popup Windows, selanjutnya anda tinggal pilih template yang akan anda gunakan dengan format (.XML), lalu klik open.

  5. Selanjutnya anda klik Upload / Unggah.
  6. Lalu anda klik Lihat Blog.
Seleeeeessaaaiiii .... Enjoy with your BLOG :))

    Nah sekarang saya akan memberitahukan apa saja sih tips-tips untuk membangun sebuah blog yang bermakna untuk di santap para warga netizen ??

5 Tips Sukses Ngeblog

    Ngeblog, blogging atau bloggers adalah aktifitas yang menyenangkan, tentunya agar sukses Anda harus senang dulu. Kalau tidak senang susah, karena ngeblog tidak semudah yang dibayangkan apa lagi kalau blognya dibuat untuk kebutuhan branding, SEO atau untuk monetize. Berikut ini adalah 5 tips agar bisa sukses ngeblog :

#1 Tulis Konten Yang Memang Diminati


     Anda dapat menulis blog mengenai apa saja yang menarik minat, mulai dari mode, kecantikan, kuliner, wisata, teknologi, sampai proyek renovasi rumah. Sebelum mulai, pikirkan apakah topik Anda dapat berkelanjutan dan apakah Anda cukup berminat mengeksplorasinya dalam jangka panjang. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda perlu suka dulu dengan aktifitas ngeblog. Karenanya sebaiknya memulai dari topik yang memang Anda sukai agar bisa konsisten terus dalam menghadirkan konten dari waktu ke waktunya ke dalam blog Anda. INI SANGAT PENTING untuk membangun sebuah BLOG!

#2 Pakai CMS, CSS, Bootstrap Yang Paling Mudah Saja Dahulu


     Anda dapat menggunakan ke 3 Designer HTML tersebut dan bandingkan mana yang paling mudah di pakai oleh anda Bloggers..


#3 Posting Teratur


     Sebuah blog yang sukses adalah yang secara teratur diperbarui, baik harian maupun mingguan. Tetapkan jadwal tertentu dan coba menjalankannya dengan disiplin sebagai patokan waktu mengunggah tulisan. Nah, kan lagi-lagi ini akan berujung pada kesukaan. Kalau Anda SUKA, Anda bisa dengan mudah menemukan topik-topik tertentu untuk ditulis dan dipublikasikan ke dalam blog.


#4 Manfaatkan Sosial Media


  Gunakan situs seperti Twitter, Facebook, dan Instagram untuk mempromosikan blog Anda. Jumlah kunjungan bisa menjadi faktor penyemangat loh, jadi jangan lupa untuk berpromosi. Terutama jika Anda ingin mendapatkan uang tambahan dari blog melalui jaringan periklanan, maka jumlah kunjungan yang tingga bisa mendatangkan uang dengan cepat. Keuangan gaes, keuangan :D

#5 Belajar SEO

    Jangan lupa untuk belajar SEO, tujuannya adalah agar blog Anda mudah diketemukan melalui Google. Dengan mudah diketemukan melalui Google, blog Anda bisa mendapatkan kunjungan secara rutin dari waktu ke waktunya.



Sekian dari saya untuk blog tutorial dan tips-tips untuk membangun sebuah blog yang dapat diminati semua orang ... semoga kalian bisa menemukan jati diri anda dalam proses membangun sebuah blog. karena membuat blog itu sangatlah gampang-gampang susah, terlebih jika anda harus setiap saat membuat postingan atau konten-konten yang harus menarik perhatian.. tapi jika kalian yakin akan sukses, banyak jalan menuju ROMA kelapa..



Mampir juga ke Artikel : Tutorial membuat Privacy Policy di Blog
                                    Turorial membuat Disclaimer di Blog
                                    Tutorial membuat Contact Us di Blog
                                    Tutorial mendaftar Blog / Web di Popcash
                                    Tutorial membuat Akun paypal tanpa kartu kredit



Terimakasih atas kunjungan anda.

3 comments: